Advertise Top

ticker

6/recent/ticker-post

Muslim - Mengenal Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha

RUANG ARSAN - Mengenal Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha

Assalamualaikum Rahmatullah Wabarakatuh


        Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Berikut merupakah beberapa keutamaan dari Sholat Dhuha :


1. Pahala yang Besar

    Salah satu keutamaan Sholat Dhuha adalah pahala yang besar yang Allah SWT janjikan bagi orang yang melaksanakannya dengan penuh keikhlasan. Rasulullah SAW bersabda, "Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi, dan setiap sendi harus disedekahkan setiap hari. Setiap kali Anda mengucapkan Subhanallah, itu adalah sedekah. Setiap kali Anda mengucapkan Alhamdulillah, itu adalah sedekah. Setiap kali Anda mengucapkan Allahu Akbar, itu adalah sedekah. Setiap kali Anda mengucapkan La ilaha illallah, itu adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha yang Anda sholatkan akan cukup untuk itu semua." (HR. Muslim).


2. Menghapus Dosa

    Sholat Dhuha memiliki manfaat untuk menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW mengatakan bahwa setiap langkah yang diambil menuju masjid untuk Sholat Dhuha dan setiap rakaat sholat tersebut akan menghapus dosa.


3. Ketentraman Pikiran

    Sholat Dhuha adalah cara yang terbaik untuk menenangkan pikiran dan mendapat ketenangan hidup sehari-hari. Hal ini terutama penting bagi mereka yang merasa cemas dan tertekan.


4. Penghilang Kekhawatiran

    Sholat Dhuha juga dapat menghilangkan kekhawatiran dan kesedihan. Rasulullah SAW mengajarkan bahwa siapa pun yang melaksanakan Sholat Dhuha dengan Khusyuk, Allah SWT akan menghilangkan kekhawatiran dan kesedihan mereka.

 

5. Mengharapkan Kemurahan dan Bantuan Allah SWT

    Sholat Dhuha merupakan waktu yang baik untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Waktu ini adalah waktu yang penuh berkah, dan setiap doa yang diucapkan dengan ikhlas dapat dijawab oleh Allah SWT.


6. Pemurnian Hati dan Jiwa

    Sholat Dhuha membantu dalam pemurnian hati dan jiwa. Ini adalah cara untuk menjaga diri kita tetap fokus pada ibadah dan menjauhkan diri dari perasaan negatif.


        Sholat Dhuha adalah kesempatan yang indah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa, dan mendapat berkah serta ketenangan dalam hidup.Walaupun ini adalah sholat sunnah, keutamaan dan manfaatnya membuatnya menjadi ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Maka, selalu manfaatkan kesempatan untuk melaksanakan Sholat Dhuha dan merasakan manfaat yang besar yang Allah SWT janjikan. 


            Jika artikel ini bermanfaat mohon bantu share artikel ini, agar dapat berbagi dalam hal kebaikan dan berharap dapat merasakan manfaatnya secara bersama-sama.  Yuuk ! mulai hal yang baik menjadi kebiasaan yang baik. Terima kasih.


“Let's Make Dreams Come True”

Jazakumullah Khairan Katsiran

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


BACA JUGA ARTIKEL LAIN :

- Mengenal Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud

- Mengenal Keutamaan dan Manfaat Amalan Surah Al-Waqi'ah


Post a Comment

0 Comments

Advertiser Bottom